FLASH NEWS!

Flash News
Sabtu, 8 Oktober 2011 tidak ada Student Day maupun Open House UKM Pusat alias LIBUR..

Selasa, 12 Juli 2011

Home (read first)

Selamat datang Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Budaya 2011 di laman resmi panitia PK2 MABA "Harmony in Diversity". Blog ini memuat segala sesuatu mengenai PK2 MABA terkait peraturan, info, dan ketentuan-ketentuan lainnya. Silahkan meng-klik link berikut ini:

1. Peraturan PK2 MABA 2011
2. Ketentuan Kostum PK2
3. Ketentuan Nametag dan Kartu Pelanggaran
4. List Penugasan
5. Kelompok (Negara) dan Zona
6. List Nama Masing-masing Kelompok

49 komentar:

  1. buat hymne dan sejarahnya UB apa dipersiapkan sebelum PK2 atw saat PK2 MABA? makasii kak :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. q mau liat aq masuk kelompok mana bisa g...? nag bsa alamatnya apa...???

    BalasHapus
  4. Bhineka tunggal Ika di FIB

    Bhinneka Tunggal Ika adalah motto atau semboyan Indonesia. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuna dan seringkali diterjemahkan dengan kalimat “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.

    Diterjemahkan per patah kata, kata bhinneka berarti "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Kata neka dalam bahasa Jawa Kuna berarti "macam" dan menjadi pembentuk kata "aneka" dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti "satu". Kata ika berarti "itu". Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan "Beraneka Satu Itu", yang bermakna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

    Kalimat ini merupakan kutipan dari sebuah kakawin Jawa Kuna yaitu kakawin Sutasoma, karangan Mpu Tantular semasa kerajaan Majapahit sekitar abad ke-14.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Arti Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi satu jua yang berasal dari buku atau kitab sutasoma karangan Mpu Tantular / Empu Tantular. Secara mendalam Bhineka Tunggal Ika memiliki makna walaupun di Indonesia terdapat banyak suku, agama, ras, kesenian, adat, bahasa, dan lain sebagainya namun tetap satu kesatuan yang sebangsa dan setanah air. Dipersatukan dengan bendera, lagu kebangsaan, mata uang, bahasa dan lain-lain yang sama.
    Kata-kata Bhinneka Tunggal Ika juga terdapat pada lambang negara Republik Indonesia yaitu Burung Garuda Pancasila. Di kaki Burung Garuda Pancasila mencengkram sebuah pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Kata-kata tersebut dapat pula diartikan : Berbeda-beda tetapi tetap satu jua
    Dalam burung Garuda Pancasila kita akan menemukan tulisan "Bhineka Tunggal Ika" yang Terkenal. Lalu, dari manakah kalimat tersebut berasal? Kalimat "Bhineka Tunngal Ika" diambil dari Buku atau kitab Sutasoma Karangan Mpu Tantular. Dalam kitab tersebut juga terdapat lambang Negara kita yaitu Burung Garuda Pancasila yang mungkin oleh para pendiri negara di modifikasi sesuai semangat kemerdekaan. Mpu Tantular adalah salah satu pujangga besar pada jaman kerajaan Majapahit. Pada masa kekuasaan Raja Hayam Wuruk dan dipimpin Mahapatih Gajah Mada, Kerajaan Majapahit mengalami jaman keemasannya sehingga banyak karya sastra diciptakan pada waktu itu. Banyak mpu terkenal waktu itu. Masih ada Mpu Prapanca dan Mpu Walmiki.Karya Sastra yang dihasilkan antara lain Negara Kertagama dan Mahabharata

    BalasHapus
  10. HARMONY IN DIVERSITY
    Harmony In Diversity merupakan sebuah istilah dalam Bahasa Inggris yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti keselarasan dalam keberagaman atau yang sering kita kenal dengan istilah Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu juga, Istilah ini menjelaskan bahwa Negara Indonesia tetap memegang teguh persatuan dan kesatuan meskipun rakyatnya memiliki beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan. Istilah atau semboyan ini sangat berguna jika diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, salah satu contohnya ialah kita sebagai mahasiswa baru Universitas Brawijaya yang memiliki latar belakang dan kepribadian yang berbeda-beda dituntut untuk bisa bersosialisasi dan menjaga hubungan yang baik antar sesama mahasiswa. Hal ini dimulai dengan diadakannya kegiatan pengenalan kehidupan kampus di Universitas Brawijaya yang secara tidak langsung menuntut mahasiswa baru untuk bekerjasama dengan mahasiswa yang lain. Kegiatan ini sangat berguna untuk mewujudkan kebersamaan dalam keberagaman kehidupan kampus sehingga mahasiswa baru bisa terbiasa dengan keadaan kampus yang multikultural. Sehingga “Harmony In Diversity” bisa terwujud.
    Hanis/Queensland/Australia/29/Zona Pasifik

    BalasHapus
  11. http://dhylanmeidinar.blogspot.com/2011/08/harmony-in-diversity.html

    BalasHapus
  12. http://www.facebook.com/#!/notes/nadia-lasari/harmony-in-diversity/10150345920943453

    BalasHapus
  13. http://nadia-lasari.blogspot.com/2011/08/harmony-in-diversity.html?spref=bl

    BalasHapus
  14. Evan Romadhon
    Kelompok 22/Afrika Selatan/Ekurhuleni

    http://www.facebook.com/note.php?created&&note_id=272737642741145

    BalasHapus
  15. http://rieskyamalia.blogspot.com/2011/08/harmony-in-diversity.html

    BalasHapus
  16. LIVING in HARMONY within THE DIVERSITY
    Keberagaman (diversity). Kata ini sebenarnya memberikan makna yang sangat indah dan dalam, bagi mereka yang mau memperhatikannya. Namun, tidak setiap orang memiliki kemauan dan kemampuan untuk mengejawantahkan kata tersebut. Untuk tema artikel kali ini, saya membidik topik mengenai keharmonisan dalam keanekaragaman di dalam masyarakat, yang kerap kali diabaikan di dalam hidup bermasyarakat. Setiap hari,kita selalu bersentuhan dengan berbagai macam hal yang berbeda, satu sama lain. Mari kita lihat dari lingkungan terkecil kita, keluarga. Setiap hari kita bertemu dengan ayah, ibu, adik, kakak, yang masing-masing dari mereka sungguh berbeda dan unik. Baik dari segi karakter, kepribadian, hobi, penampilan, setiap dari mereka memiliki kekhasan masing-masing. Bahkan, ada suatu ungkapan yang menyebutkan, bahwa " tidak ada 2 orang manusia sekalipun di dunia ini yang dilahirkan dengan karakter dan ciri-ciri yang sama persis, sekalipun itu adalah hasil kloning (penggandaan gen)" .Namun, dari segala kekhasan dan keunikan yang dimiliki oleh masing-masing individu, kita perlu bertanya pada diri kita masing-masing, apakah kita sudah cukup toleran terhadap segala perbedaan yang ada? Ataukah kita justru salah satu di antara mereka yang suka memprovokasi untuk menjadikan perbedaan sebagai hambatan berelasi dengan orang lain? Mari kita tanya terlebih dahulu kepada diri kita masing-masing. Seperti yang kita tahu, ada berbagai macam kejadian di dunia tentang yang merefleksikan sikap toleransi terhadap perbedaan, baik antar masing-masing individu, kelompok, organisasi, maupun negara. Sayangnya, tidak semua dari kejadian tersebut mampu membawa atmosfer yang positif terhadap toleransi akan keanekaragaman dari masing-masing individu.
    Sebut saja beragam peristiwa berdarah yang terjadi, baik di tingkat domestik maupun mancanegara, seperti perang suku di Papua (Indonesia), kerusuhan di Sampit (Kalimantan Tengah, Indonesia) antara suku Dayak dan Madura, pembunuhan besar-besaran orang Yahudi di Jerman dengan alasan perbedaan ras antara bangsa Arya dan bangsa Yahudi , dimana suku bangsa Arya merasa jauh lebih unggul (saat kekuasaan Adolf Hitler), aksi terorisme atas dasar budaya dan agama, aksi pembakaran tempat-tempat ibadah, dan masih banyak lainnya. Dari contoh-contoh nyata di atas, kita dapat menarik kesimpulan, bahwa di sekitar kita, toleransi terhadap perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan) dan kesadaran untuk membangun toleransi tersebut sebenarnya masih berada pada tingkatan yang tergolong sangatlah rendah.
    (ZONA ASIA, PAJU, Kelompok 3 Korea)

    BalasHapus
  17. zain fakhruddin/ kelompok 9 timur tengah/ Qatar/ Ath-Thaqab/ Tugas Artikel Harmony In Diversity/

    http://www.facebook.com/note.php?created&&note_id=10150269483941279

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. HARMONY IN DIVERSITY
    Harmony in diversity menurut saya itu semacam bhineka tunggal ika. harmony in diversity atau bhineka tunggal ika yang berarti berbeda - beda tetapi satu jua, maksudnya berbeda - beda tetapi satu jua yaitu meski kita beda kepercayaan, ras, dan, suku bangsa kita tetap bersatu. Ini adalah semboyan bagsa Indonesia.
    Bhineka tunggal ika berasal dari kata bhinneka berarti beraneka ragam atau berbeda - beda. Kata neka dalam bahasa Jawa Kuna berarti macam dan menjadi pembentuk kata aneka dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti satu. Kata ika berarti itu. Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan Beraneka Satu Itu, yang bermakna meskipun berbeda - beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    Tanpa Harmony in Diversity atau tanpa bhineka Tunggal Ika bangsa ini akan terjadi dampak negative dan konflik. Dampak negative yang terjadi di Indonesia. Seperti perkembangan sosial, budaya dan ekonomi masayarakat Indonesia yang semakin lunturnya penghayatan dan pengamalan terhadap nilai - nilai luhur Pancasila. Dan seharusnya reformasi dapat mendorong peningkatan pengamalan nilai - nilai Pancasila dengan dukungan pemersatu Bhineka Tunggal Ika atau harmony in diversity.
    Indonesia mempunyai harmony in diversity itu agar kita bersatu walaupun beda bahasa, ras, suku bangsa, dan kepercayaan. Bukan kita kan bersatu dalam hal koropsi atau yang lain nya tapi kita bersatu utuk bangsa Indonesia.agar bangsa Indonesia semakin maju biar tidak di jajah lagi oleh Negara Negara. Oleh karna itu tanamkan lah kepada anak didik kita agar kelak meraka lebih mengerti dan mendasari sifat tersebut secara benar. Dan akan terjadi Negara yang harmonis. Jangan sampai terjadi hal hal yang merugikan Negara kita sendiri, Negara Indonesia. Maju terus indonesiaaaa kuuu…. Bersatu untuk Indonesia ku cintaaa. Dan tanam kan terus harmony in diversity.


    Nama : mega rahma chamidi putri
    Kelompok : inggris
    Gelar : stoke

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. http://daniel-ssp.blogspot.com/2011/08/harmony-in-diversity.html

    BalasHapus
  23. Nadia I.A
    Puerto La Cruz_Venezuela_35

    http://nadiaikhsaniamalia.blogspot.com/

    BalasHapus
  24. http://www.facebook.com/notes/dessy-natali/harmony-in-diversity/201174563277420

    BalasHapus
  25. "HARMONY IN DIVERSITY"
    makna dari (harmony) artinya adalah keselarasan dankata (diversity) adalah keberagaman, kata tersebut mungkin digunakan dalam acara ospek mahasiswa baru Universitas Brawijaya mewakili dari seluruh peserta dari beberapa daerah, yang dari sabang sampai merauke, dan kalimat tersebut menggambarkan betapa indahnya perbedaan yang ada di negara Republik Indonesia, namun perbedaan tersebut tidak menjadikan untuk suatu alasan terjadinya pertikaian, namun menjadikan suatu yang padu dan unik. dan semua itu juga melalui proses panjang yang telah dialami Indonesia. Betapa indahnya bila suatu perbedaan warna kulit, bahasa daerah, budaya, dan agama menjadikan kearah yang satu, yaitu PERSATUAN INDONESIA. mungkin karena itulah kalimat tersebut dijadikan tema olaeh para panitia MABA FIB 2011, di acara tersebut para peserta MABA di giring pada kegiatan kerjasama dengan kelompok dan kelompok tersebut anggotanya memiliki latar belakang yang berbeda-beda satu sama lain, memeng biasanya dalam proses adaptasi seseorang sering merasa canggung, namun apa bila sydah terjalin rasa yang sama dengan satu tujuan bersama pasti mereka menjadi solid. sehingga kedepannya para MABA bisa terbiasa dengan lingkungan kampus yang multikultural sehingga terjalin keharmonisan antara perbedaan-perbedaan yang ada. kesimpulan dari topik diatas adalah SARA BUKANLAH SUATU HAL YANG DAPAT DIPERMASALHKAN, NAMUN HARUSLAH DIPELIHARA DENGAN BAIK, DENGAN RASA TOLERANSI YANG TINGGI. kareana tidak ada satu SUKU BANGSA di Dunia ini yang NOMER SATU, karena YANG SATU adalah TUHAN YANG MAHA ESA.
    (ZONA TIMUR TENGAH, AL JUMALIYAH, KELOMPOK 9 QATAR)

    BalasHapus
  26. Harmony in diversity tersusun dari kata harmony yang berarti “keselarasan” dan diversity berarti “keberagaman”. “Keselarasan dalam keberagaman” itulah kata keseluruhan arti dari kalimat tersebut. Kedua kata tersebut saling melengkapi dan dapat mempererat hubungan sosial. Harmony in diversity mempunyai arti yang sederhana, tapi jika kita mau memahami maknanya terdapat manfaat yang sangat besar dan dapat di jadikan motivasi bahwa setiap perbedaan dapat di satukan.
    Sebagai salah satu ilustrasi, warisan seni budaya asli Indonesia seperti beragam tarian, pencak silat, dan batik, hanyalah sebagian contoh yang memperlihatkan kekayaan khasanah budaya (culture) Indonesia yang beragam. Belum lagi keragaman sajian pangan nusantara (food), dan keaslian alam (nature) Indonesia. Semua itu,pada akhirnya berperan membangun reputasi bangsa (country reputation) Indonesia di mata dunia. Jadi, bahwa apa pun agama atau budaya yang kita miliki, kita semua berusaha untuk hidup dalam harmoni dengan menjunjung kerukunan umat beragama dan etnis, sehingga diharapkan bisa menjaga keutuhan rasa persatuan dan kesatuan bangsa yang kuat, dan juga akan tumbuh rasa kebersamaan yang sangat bermanfaat dalam kehidupan ini.
    Indonesia, sebagai negara yang heterogen yang terdiri dari multi etnis, multi agama, dan multi kultur pada satu sisi menjadi kebanggaan tersendiri sebagai sebuah bangsa yang besar, akan tetapi jika tidak dikelola secara baik dengan menegakkan prinsip toleransi, saling menghormati dan saling menghargai, adanya perbedaan justru akan menjadi malapetaka bagi bangsa ini.
    Belajar dari semangat para pemuda yang di tahun 1928 lalu yang justru mampu mempelopori persatuan Bangsa Indonesia di alam penjajahan yang serba sulit, maka kita sebagai generasi penerus, meski berbagai kesulitan dan keprihatinan masih mewarnai berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, seharusnya kita juga mampu, dan mau tetap mempertahankan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia dengan tetap berpedoman pada ‘semboyan’ Bhinneka Tunggal Ika, dan ideologi pemersatu bangsa, Pancasila. Segala perbedaan yang ada dan melekat dalam setiap insan Bangsa Indonesia tetap harus dipersatukan secara santun dengan tetap memperhatikan kearifan lokal.

    AFRIN THIRDAYANTI,
    ZONA PASIFIK,
    KELOMPOK 27,
    KANADA,YUKON

    BalasHapus
  27. Nama :laily Mahbubah
    Gelar :Bournemouth
    Negara :Inggris
    Kelompok :11
    Zona : Inggris


    http://www.facebook.com/notes/laily-mahbubah/harmony-in-diversity/262908353720646

    BalasHapus
  28. Qorina laila p/ohio/amerika serikat/26

    Persatuan Dalam Keragaman

    India menjadi demokrasi terbesar di dunia dengan peradaban yang lebih dari lima ribu tahun membanggakan asal-usul budaya gandaAsal-usul budaya dari benua India dapat ditelusuri kembali ke Peradaban Lembah Indus, sisa-sisa yang dihargai bahkan hari ini. Sejak akhir abad ke-16 India adalah di bawah pengaruh dari Kerajaan Inggris sampai 15 Agustus 1947 hari ketika India mendapat kemerdekaan. India adalah tanah yang beragam, agama budaya dan masyarakat.Ada keragaman besar dalam, kami perilaku tradisi, kebiasaan, selera dan kebiasaan. Setiap daerah dan setiap negara menggambarkan adat dan tradisi yang berbeda. Tapi meskipun kita berbicara bahasa yang berbeda namun kita semua adalah India. 'Bhinneka Tunggal Ika' telah menjadi ciri khas dari budaya kita. . Untuk hidup damai telah motto kami dan motto ini telah membantu kita untuk mencapai kemerdekaan Sebagaimana sejarah memberitahu kita bahwa telah ada partisipasi aktif dari orang-orang dari kasta yang berbeda dan agama.Dalam perjuangan kami untuk kebebasan orang dari komunitas berbeda berpartisipasi menjaga satu hal dalam pikiran bahwa mereka semua orang India pertama. Tapi sayangnya ini perdamaian dan pengertian di antara masyarakat yang berbeda telah terancam punah belakangan ini. at present is facing many problems. India saat ini sedang menghadapi banyak masalah. Yang terbesar di antaranya adalah masalah komunalisme. Dalam pertarungan pribadi mereka mereka menghancurkan hidup mereka saja. Bahkan, itu adalah ancaman terbesar untuk kemanusiaan dan untuk kesatuan dan integritas negara.

    Orang-orang dari latar belakang dan budaya yang berbeda berpartisipasi dalam perjuangan India untuk kebebasan.. Para pemimpin nasional, khususnya Mahatma Gandhi, Nehru, Azad dan Bose telah diciptakan slogan persatuan dalam keragaman Ada banyak lainnya yang juga terlibat. Baik itu Hindu, Islam, Buddha, Jain dan Sikh setiap orang memiliki identitas tunggal menjadi orang India.. Ini harus dipahami bahwa kita semua memiliki banyak identitas agama, identitas linguistik, budaya, daerah dan kasta. Tidak ada yang bisa mengklaim identitas tunggal. . Satu yang menuntut identitas identitas tunggal nasional yaitu tidak mengakui kenyataan tetapi selama perjuangan India untuk kebebasan tidak ada yang berpikir dalam cara yang mereka hanya berpikir kemerdekaan India. India modern menyajikan gambaran persatuan dalam keberagaman di mana orang dari berbagai agama dan keyakinan hidup bersama dalam damai dan harmoni. . Masih hari ini juga India tetap menjadi salah satu negara paling beragam etnis di dunia.

    BalasHapus
  29. Nia Eka Setiyowati
    Kelompok 10
    Zona Timur Tengah_Turki

    Harmony in diversity
    Semangat persatuan di tengah perbedaan

    Di era modern seperti sekarang ini, perbedaan merupakan hal yang sangat lumrah dan sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari baik itu dalam bentuk pendapat, daerah, suku, ras, hingga bangsa. Mengingat kodrat manusia sebagai mahkluk sosial yang tidak dapat hidup menyendiri, mau tidak mau, suka tidak suka, kita mendapat tuntutan untuk hidup bersama di tengah masyarakat yang memiliki latar belakang berbeda-beda. Namun terkadang emosi dan ego kita lebih kuat ketimbang rasa menghargai perbedaan tersebut. Ambil saja contoh keributan yang pernah terjadi di gedung DPR, tawuran antar mahasiswa dan pelajar, dan tentu masih banyak lagi. Hal tersebut tentu mengundang keprihatinan kita yang rindu akan adanya ruh persatuan dalam kehidupan masyarakat.

    Kita tidak boleh terus menutup mata terhadap kejadian-kejadian yang tengah marak belakangan ini, selain mengancam persatuan NKRI, hal ini jelas bertolak belakang dari cita-cita dasar Pancasila dan UUD 1945. Oleh sebab itu, semangat persatuan harus tetap dihidupkan dan digelorakan dalam jiwa pemuda Indonesia sejak dini. Memang semangat itu asalnya dari sanubari setiap manusia yang notabene tidak dapat dipaksakan oleh orang lain. Lantas, apakah berarti semangat persatuan itu datang denagn sendirinya? Tentu saja tidak, atau kita mau menunggu waktu yang sangat lama sampai catatan hitam itu terulang kembali.

    Dalam menghidupkan semangat persatuan, kita dapat menempuh berbagai macam cara dimulai dari lingkungan yang paling sederhana yakni keluarga. Di dalam keluarga, tentu kita sering mendapat nasihat untuk selalu hidup rukun dan saling menghargai antar anggota keluarga. Ini merupakan modal utama kita dan tidak boleh dilupakan sampai kapanpun karena nasihat tersebut mutlak diperlukan dan harus diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

    Pendekatan lain yang dapat dilakukan adalah membangun karakter dan pekerti bangsa melalui pendidikan-pendidikan formal seperti sekolah dan perguruan tinggi. Keduanya merupakan lembaga yang tepat dalam pembentukan karakter bangsa khususnya mendidik pemuda untuk mencintai persatuan dan kedamaian. Biasanya pendidikan karakter dilakukan secara langsung melalui materi pembelajaran atau melalui nasihat-nasihat tidak langsung.

    Last but not least, semuanya kembali lagi pada hati masing-masing. Tapi, pada suasana yang tepat dan mendukung semangat persatuan akan tetap bergelora dan hidup dalam jiwa pemuda Indonesia. Tentunya, kita akan menjadi generasi penerus bangsa yang sanggup bersaing dan berkompeten di tengah arus globalisasi yang sarat akan perbedaan.

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Harmony in diversity serupa dengan semboyan bineka tunggal ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu
    kesatuan.Secara mendalam Bhineka Tunggal Ika memiliki makna walaupun di Indonesia terdapat banyak suku, agama,
    ras, kesenian, adat, bahasa, dan lain sebagainya namun tetap satu kesatuan yang sebangsa dan setanah air.
    Dipersatukan dengan bendera, lagu kebangsaan, mata uang, bahasa dan lain-lain yang sama.

    hal ini mencerminkan sifat mahasiswa FIB.
    Yang meskipun di pisahkan oleh prodi-prodi(sastra jepang,inggris,prancis,cina dll)
    namun kita semua tetap satu kesatuan yaitu mahasiswa FIB.
    yang meliliki rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang tinggi.
    dengan rasa kebersamaan ini bisa melaksanakn semua kegiatan kampus dengan baik.
    sehingga nama mahasiswa FIB semakin di kenal di mata masyarakat indonesia bahkan dunia.

    BalasHapus
  32. Bangsa kita merupakan bangsa yang mempunyai banyak keanekaragaman, seperti halnya agama, suku, ras dan budaya. Dari keanekaragaman tersebut terkadang sering timbul konflik antar individu atau golongan. Hal itu bdisebabkan karena masalah perbedaan diantaranya perbedaan kepentingan, kebutuhan, adat-istiadat, keyakinan maupun pengetahuan dari hal tersebut berarti masyarakat kita memiliki kesadaran yang masih rendah dalam menyikapi perbedaan yang ada. Padahal jika kita pikirkan secara matang konflik tidak akan membawa manfaat sedikitpun untuk bangsa kita. Karena permusuhan justru membawa ketidak tentraman masyarakat dalam menjalani kehidupannya. Tentu kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi lagi untuk yang kesekian kalinya. Menurut agama disebutkan bahwa dihadapan Tuhan YME, kita semua adalah sama. Yang membedakan hanyalah amal dan perbuatan kita sewaktu kita hidup didunia ini. Untuk itu perbedaan dalam hal seperti perbedaan profesi agama maupun lainnya, tidak menjadi pembatas seseorang atau kelompok untuk berinteraksi satu sama lain. Seseorang tidak bisa menilai individu atau golongan mana yang lebih unggul dengan adanya perbedaan yang mereka miliki, karena tidak ada satupun bukti yang bisa menunjukkan bahwa masyarakat golongan tertentu lebih unggul dari pada golongan lainnya atau agama tertentu lebih tinggi daripada agama lainnya.
    Adapun manfaat dari perbedaan itu sendiri yaitu kita dapat menjadikan perbedaan tersebut merupakan kekayaan bangsa kita yang harus kita pertahankan, karena hal itu menjadi ciri khas bangsa kita yaitu bangsa yang majemuk yang memiliki keanekaragaman budaya, suku, agama, ras dan lainnya.

    BalasHapus
  33. Harmony in diversity dalam bahasa indonesia dapat di artikan keselarsandalam keberagamanan atau dalam semboyan negara kita yaitu bhinneka tunggal ika yang mempunyai makna berbeda-beda tetapi tetap satu jua, di Indonesia terdapat berbagai perbedaan mulai dari suku, bahasa, budaya, agama. tetapi perbedaan itu tidak membuat negara ini terpecah belah karena Indonesia sangat menghargai perbedaan, dan perbedaan itu indah. hal ini sangat baik bagi persatuan bangsa, jika suatu bangsa tidak bisa menghargai perbedaan yang ada di dalamnya negara tersebut tidak bisa menjadi negara yang kokoh.

    oleh karena itu kita perlu memperhatikan pentingnya dalam menghargai perbedaan yang ada diantara kita terutama di Universitas yang di dalamnya juga banyak terdapat perbedaan suku, budaya, bahasa, dan agama demi tercapainya keselaran dan ketentraman dalam hidup.



    Bindhipatra gellar pigurendra / La plata / Argentina / zona latin / kelompok 31

    BalasHapus
  34. Harmony in diversity adalah keharmonisan atau keselarasan dalam perbedaan. Kata – kata ini sangatlah pas untuk dicanangkan dinegara kita, Indonesia. Indonesia yang pada dasarnya terdiri atas beraneka ragam suku, agama dan ras menjadikan Indonesia kaya akan budaya dan tradisi.Hal ini yang menyebabkan ciri khas yang melambungkan nama Indonesia itu sendiri,dikancah dunia. Tak banyak negara yang mampu bertahan dalam kondisi perbedaan,karena perbedaan dalam budaya dan tradisi menyebabkan perbedaan dalam pola pikir individu itu sendiri.

    Seorang bijak mengatakan,”Jangan lah menjadi hitam atau putih. Menjadilah warna tersendiri dan jadilahpribadi yang baru dengan memancarkan warna itu..”. Maksud dari pernyataan itu adalah,janganhanya menjadi individu yang hanya berkemampuan untuk MENGIKUTI, tetapi jadilah individu yang mampu mengemukakan inovasi dan tidak takut akan perbedaan. Karena pelangi itu sendiri indah karena adanya gabungan dari tujuh pancaran warna yang berbeda bukan dari 1 atau 2 wana yang sama, konsep ini juga yang mencerminkan HARMONY IN DIVERSITY.

    lindiyah kumayanti
    argentina
    30
    isidro casanova

    BalasHapus
  35. NAMA: GIGIH KHARISMA VIRGIA
    SPANYOL
    VALLADOLID

    HARMONY IN DIVERSITY
    Bhineka tunggal ika, biarpun berbeda tapi tetap satu tujuan, adalah semboyan Negara Indonesia yang menghantarkan bangsa kita pada kemerdekaan. Indonesia memiliki banyak etnis dan budaya. Beragam budaya, tradisi dan tarian menjadikan Indonesia sebagai bangsa dengan seribu budaya. Oleh karena itu, dengan adanya bhineka tunggal ika, kita dapat saling menghormati, menghargai, dan membentuk tali persaudaraan yang kuat. Dengan adanya bhineka tunggal ika, kita menyatukan satu tujuan sebagai bangsa Indonesia, satu cita-cita sebagai bangsa Indonesia.
    Arti kata bhineka tunggal ika sendiri adalah berbeda-beda tapi tetap satu jua. Kata ini berasal dari buku atau kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular. Lambang bhineka tunggal ika digunakan dalam lambing Negara kita, yangitu burung garuda. Artinya adalah, kita sebagai bangsa Indonesia, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan tanpa membeda-bedakan SARA.
    Berbeda-beda tapi tetap satu tujuan. Prinsip dari bhineka tunggal ika adalah sekumpulan orang yang memiliki satu tujuan. Mereka harus bersatu dan bekerjasama dalam mencapai tujuan yang mereka inginkan dan sepakati bersama. Seperti halnya Indonesia, Indonesia terdiri dari ribuan pulau dan ratusan etnis yang berbeda, pemikiran dan pendapat yang berbeda dari setiap orang. Namun, dengan adanya bhineka tunggal ika, bangsa Indonesia saling membantu dan bersatu dalam meraih kemerdekaan, para pemuda dari ambon, maluku, Sulawesi, dan jawa berkumpul untuk memperjuangkan bangsa kita yang satu, bangsa Indonesia.
    Jadi, dengan adanya bhineka tunggal ika sebagai alat pemersatu, kita tidak lagi melihat orang dari asalnya, baik timur maupun barat. Kita semua satu, bangsa Indonesia. Kita semua satu, jiwa Indonesia
    Nama: Gigih Kharisma Virgia
    Gelar: Valladolid
    Kelompok: Spanyol

    BalasHapus
  36. Harmony in Diversity

    Sebuah universitas tak ada bedanya dengan sebuah negara kecil, dengan rektor sebagai presidennya dan mahasiswa sebagai rakyatnya. Layaknya rakyat suatu negara, mahasiswa pun memiliki keanekaragaman adat dan budaya, perbedaan latar belakang pendidikan, asal, dan agama. Tapi itu semua bukan menjadi alasan untuk tidak saling mengenal. Justru keanekaragaman itulah yang membuat mereka menyatu. Mereka datang dari berbagai penjuru untuk satu tujuan yang sama. Yakni menuntut ilmu.

    Pada program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA) yang diadakan oleh setiap Fakultas di Universitas Brawijaya, mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti serangkaian acara dan kegiatan yang bertujuan untuk melenyapkan perbedaan yang masih menonjol antar mahasiswa baru, salah satunya Fakultas Ilmu Budaya yang mengangkat tema "HARMONY IN DIVERSITY". Tema yang sudah senada dengan semboyan bangsa Indonesia, yaitu Bhinekka Tunggal Ika yang berarti walaupun berbeda-beda tetap satu jua.

    Harmony in Diversity sendiri mempunyai tujuan untuk menyelaraskan perbedaan dan menyatukan mahasiswa baru dari berbagai program pendidikan (prodi) menjadi satu keluarga, yaitu Fakultas Ilmu Budaya. Terbukti dengan menyatunya mereka saat diharuskan bekerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok, memakai atribut yang sama, hingga semangatnya saat menyanyikan lagu-lagu. Acara ini juga sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa cinta kepada almamater dan fakultasnya.

    NISA EKA APRILIA/PERUGIA/ITALIA/12/ZONA EROPA

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. --ZONA PASIFIK--
    --BROKEN HILL --
    --KELOMPOK 29--
    --AUSTRALIA--

    "Harmony in Diversity" dapat diartikan sebagai Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda beda tetapi tetap satu jua .Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa sanskerta. Bhinneka Tunggal Ika adalah motto bangsa Indonesia. Jika dijabarkan "Bhinneka" berarti "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Kata neka dalam bahasa Jawa Kuno berarti "macam" dan menjadi pembentuk kata "aneka" dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti "satu". Kata ika berarti "itu". Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan. Begitu juga dengan Harmony in Diversity yang jika dijabarkan secara harafiah berarti "Harmony" adalah keselarasan dan "Diversity" adalah macam , yang jika dijabarkan berarti keselarasan yg bermacam - macam yg artinya mirip dengan "Bhinneka Tunggal Ika". Tema ini sangat cocok digunakan dalam masa PK2 Fakultas Ilmu Budaya karena para mahasiswa baru tidak hanya berasal dari satu daerah yang sama tapi mereka berasal dari berbagai macam daerah dan suku - suku berbeda yg tersebar di seluruh Indonesia. Ini sebagai bukti bahwa Bangsa Indonesia mempunyai ikatan persatuan yang sangat kuat. "Harmony in Diversity" adalah kata - kata yang sangat "sakti" karena tujuannya untuk membentuk masyarakat yg harmonis tanpa membedakan dari mana mereka berasal. Kita sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan seharusnya bangga dengan MOTTO / SEMBOYAN ini. Motto / Semboyan ini tidak terbentuk secara asal - asalan tetapi terbentuk karena Bangsa Indonesia adalah bangsa yang mempunyai bermacam - macam budaya dan seharusnya kita bangga menjadi BANGSA INDONESIA. Kita dilarang untuk mencela, mencemooh, atau mengejek budaya daerah lain karena jika kita mencela budaya daerah lain , berarti kita menodai Motto / semboyan yang telah dibuat oleh nenek moyang kita, Banggalah karena kalian menjadi Bangsa yg memiliki motto / semboyan yang SANGAT LUAR BIASA yaitu "Harmony in Diversity" atau "Bhinneka Tunggal Ika"

    BalasHapus
  39. http://berllyf.blogspot.com/2011/08/harmony-in-diversity.html

    BalasHapus
  40. http://www.facebook.com/notes/higar-iman/harmony-in-divercity/266887749989659

    BalasHapus
  41. http://akuhigar.blogspot.com/2011/08/harmony-in-divercity.html

    BalasHapus
  42. http://www.facebook.com/note.php?created&&note_id=182430795160890



    Nama : Handita Pratama Putri
    Fakultas : FIB
    Jurusan : Sastra Inggris
    Zona : Afrika
    Negara : Libya
    Kelompok : 25

    BalasHapus
  43. ALFI ISHARI D.P.

    MEXICO CITY

    MEXICO


    Saya sangat senang sekali mendapat banyak teman dari berbagai golongan,tempat tinggal,logat bahasa dan masih banyak yang bisa saya dapat dari perkenalan yang terbentuk dalam suatu perkenalan kecil yaitu Harmony In Diversityyang terangkai dalam acara PK2MABA FIB 2011 di Fakultas Ilmu Budaya di Universitas Brawijaya.


    Disini saya mendapat banyak pengalaman yang tidak akan saya lupakandan akan menjadi pelajaran saya untuk kedepannya. Harmony In Diversity tidak mengenal yang namanya suatu perbedaandalam segi apapun dan dari sudut pandang manapun,kita semua disini berkumpul mendapat banyak sekali pelajaran misalnya belajar tentang menghargai seseorang,kelompok/organisasi dan lebih-lebih terhadap masyrakat sekitar.Saya merasa bangga bisa menuntut ilmu di Universitas Brawijaya,karena dari tempat ini saya bisa mengenal dan memahami sebuah kehidupan yang akan membimbing saya dalam menemukan jati diri saya pribadi untuk proses menuju pendewasaan yang lebih baik kedepannya kelak.


    Bukankah kata-kata yang digenggam oleh Sang Garuda mengisyaratkan bahwa di Indonesia memang hidup berbagai macam jenis manusia, beraneka ragam suku, dan beraneka ragam agama yang dianut. Namun mereka tetap satu. Indonesia. Mulai dari sabang hingga merauke berjajar pulau-pulau. Namun, seringkali justru terjadi pertumpahan darah antar suku di Indonesia. Kedamaian dan keselarasan hidup dalam perbedaan sangatlah indah bila dapat terwujud dan terlaksana. Ketika kita saling bahu- membahu bangkit dari keterpurukan dan berlomba dalam kebaikan. Ketika kita saling melempar senyum ramah pada satu sama lain meski kita tidak saling kenal, ketika kita bersedia membantu saudara yang tertimpa musibah tanpa memandang suku dan agama yang dianutnya. Keselarasan itu akan terwujud apabila kita ikhlas dan berpikiran terbuka terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi.

    BalasHapus
  44. Rasis Bhakti Pratama
    >Zona Asia
    >Jepang
    >nagasaki

    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=496563883#post496563883

    BalasHapus
  45. ZAINAL ARIFIN/ ROSTOCK/ JERMAN (20)/ SKANDINAVIA
    http://www.4shared.com/folder/e95Vxdt0/_online.html

    BalasHapus
  46. HARMONY IN DIVERSITY
    Harmony in diversity menurut saya itu semacam bhineka tunggal ika. harmony in diversity atau bhineka tunggal ika yang berarti berbeda - beda tetapi satu jua, maksudnya berbeda - beda tetapi satu jua yaitu meski kita beda kepercayaan, ras, dan, suku bangsa kita tetap bersatu. Ini adalah semboyan bagsa Indonesia.
    Bhineka tunggal ika berasal dari kata bhinneka berarti beraneka ragam atau berbeda - beda. Kata neka dalam bahasa Jawa Kuna berarti macam dan menjadi pembentuk kata aneka dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti satu. Kata ika berarti itu. Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan Beraneka Satu Itu, yang bermakna meskipun berbeda - beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    Tanpa Harmony in Diversity atau tanpa bhineka Tunggal Ika bangsa ini akan terjadi dampak negative dan konflik. Dampak negative yang terjadi di Indonesia. Seperti perkembangan sosial, budaya dan ekonomi masayarakat Indonesia yang semakin lunturnya penghayatan dan pengamalan terhadap nilai - nilai luhur Pancasila. Dan seharusnya reformasi dapat mendorong peningkatan pengamalan nilai - nilai Pancasila dengan dukungan pemersatu Bhineka Tunggal Ika atau harmony in diversity.
    Indonesia mempunyai harmony in diversity itu agar kita bersatu walaupun beda bahasa, ras, suku bangsa, dan kepercayaan. Bukan kita kan bersatu dalam hal koropsi atau yang lain nya tapi kita bersatu utuk bangsa Indonesia.agar bangsa Indonesia semakin maju biar tidak di jajah lagi oleh Negara Negara. Oleh karna itu tanamkan lah kepada anak didik kita agar kelak meraka lebih mengerti dan mendasari sifat tersebut secara benar. Dan akan terjadi Negara yang harmonis. Jangan sampai terjadi hal hal yang merugikan Negara kita sendiri, Negara Indonesia. Maju terus indonesiaaaa kuuu…. Bersatu untuk Indonesia ku cintaaa. Dan tanam kan terus harmony in diversity.


    Nama : mega rahma chamidi putri
    Kelompok : inggris
    Gelar : stoke

    BalasHapus
  47. HARMONY IN DIVERSITY
    “Jika disuatu taman terdapat ribuan banyak bunga namun hanya satu jenis saja maka akan terlihat membosankan, bukan ?! ”
    “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.” Begitulah penggalan pepatah yang sering kali kita dengar. Meskipun banyak yang menyatakan bahwa tidak ada satu pun kota besar di Indonesia (termasuk Malang) yang penduduknya homogen, namun seolah sudah ‘tidak bisa ditawar’ lagi. Dengan demikian siapa saja yang ‘datang’ di Malang, dia harus menyesuaikan dengan budaya Jawa (daerah setempat).
    Bahkan hanya karena sekedar ingin dinilai beradab, para penduduk lokal atau asli pun yang biasa memakai pakaian yang sewajarnya atau ikut-ikutan mengenakan pakaian dari daerah lainnya. Dalam ‘kasus’ ini rupanya tidak berlaku pepatah …”dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” dikarenakan penduduk lokal yang ‘harus’ menyesuaikan dengan pendatang.
    Fakultas Ilmu Budaya, sebagai bagian dari Universitas Brawijaya yang heterogen yang terdiri dari multi etnis, multi agama, dan multi kultur pada satu sisi menjadi kebanggaan tersendiri sebagai sebuah kampus yang besar, akan tetapi jika tidak dikelola secara baik dengan menegakkan prinsip toleransi, saling menghormati dan saling menghargai, adanya perbedaan justru akan menjadi malapetaka bagi para mahasiswa – mahasiswi lainnya.

    Nama: Apriska Afiolita Derrydamawati
    Kelompok: ITALIA (12)
    Gelar: Turin

    BalasHapus
  48. buat contoh name tag student day kapan di post?

    BalasHapus